Medali Cor

medali cor

Medali Cor – medali merupakan salah satu barang yang sudah tidak asing apalagi pada kegiatan wisuda, penghargaan, dan perlombaan. Diberikan sebagai tanpa apresiasi kepada seseorang yang telah meraih suatu prestasi. Medali berukuran 7 – 8 cm ini memiliki berbagai macam bentuk dan terbuat dari berbagai macam jenis bahan. Salah satunya adalah bahan logam, kuningan, akrilik, maupun timah. Proses pembuatan nya melalui proses cor.

Cor merupakan proses pembuatan sebuah karya dengan cara mencairkan bahan logam terlebih dahulu setelah bahan tersebut mencair lalu proses pencetakan sesuai desain karya yang akan dibuat. Berikut akan kami jelaskan mengenai teknik pembuatan medali cor

Teknik Pembuatan Medali Cor

Teknik pengecoran adalah salah satu proses pembuatan benda kerja dari logam dengan cara dipanaskan hingga meleleh, kemudian dituangkan dalam cetakan yang telah disiapkan. Bahan cornya adalah logam bisa melebur saat berada dalam kondisi temperatur panas tertentu. Persiapan sebelum membuat medali cor ada 3 tahap.

Pertama, tahap persiapan bahan dan alat. Salah satu bahan utama untuk pengecoran medali yaitu pasir. Pasir yang digunakan bukan pasir sembarangan. Setidaknya harus memenuhi standar karakteristik yang sesuai dengan tekstur pendukung pembuatan medali.

  1. Bersifat permibilitas (memiliki celah udara)
    Jika pasir terlalu padat, maka ia tidak akan maksimal dalam bentuk dan prosesnya. Proses pembuatan medali dengan teknik pengecoran akan menggunakan tekanan besar saat memasukkannya ke dalam cetakan. Kecacatan akan terlihat bila pasir yang digunakan tidak memiliki celah udara.
  2. Memiliki titik lebur yang tinggi
    Pasir yang digunakan untuk pembuatan medali cor membutuhkan daya lebur yang tinggi. Bila titik lebur pasir tidak lebih tinggi dibandingkan titik lebur logam, maka pasir tersebut akan ikut larut dengan logam cair yang dilarutkan dalam cetakan. Cetakan pasir yang berbentuk padat akan ikut menjadi cair karena mengikuti hasil cetakan.

Langkah Penggunaan Pasir sebagai Media Pengecoran untuk Medali

Bagaimana langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam  membuat medali dengan teknik pengecoran? Simak ulasannya berikut ini.

Menyiapkan Pola untuk Cetakan

Pola benda kerja dibutuhkan agar memudahkan proses pencetakan. Pola yang digunakan dapat berupa benda dari plastik, logam, atau kayu. Pada umumnya, pola cetakan akan dibuat lebih besar 5% dari ukuran asli hasil cetakannya. Misal ingin membuat benda dengan ukuran 10 cm, maka cetakan harus dibuat 10,5 cm. Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya penyusutan selama proses pengecoran berlangsung.

Pola medali cor dari kayu atau plastik dapat digunakan ketika jumlah order tidak terlalu banyak. Hal ini dikarenakan bahan tersebut tidak memiliki daya tahan yang tinggi. Jika pengerjaan medali membutuhkan waktu yang lama dan dalam jumlah yang banyak, bahan pola yang umum digunakan yakni terbuat dari logam, karena bahannya yang tahan lama dan tidak mudah rusak selama proses pengerjaan berlangsung.

Menyiapkan Rangka untuk Cetakan

Dalam membuat rangka, penggunaan materi kayu merupakan bahan yang mudah didapat.  Rangka cetakan yang dibutuhkan terdiri dari bagian cup dan drag. Cup merupakan rangka cetak bagian atas dan drag adalah rangka cetak bagian bawah. Diantara drag dan cup disisipkan papan pengunci. Hal tersebut untuk menghindari pergeseran dan gerakan yang mengubah letak keduanya.

Menyiapkan Pemanas dan Tungku

Dalam pembuatan medali cor, adanya pemanas dan tunggu difungsikan sebagai pelebur logam yang akan dimasukkan dalam cetakan. Dapur pemanas membutuhkan tungku dan dapur untuk pembakaran. Bahan bakar yang dipakai untuk seluruh proses pengecoran dan pembakaran ada beberapa macam, seperti tenaga listrik dengan sistem setrika listrik dan bahan bakar minyak plus gas.

Menyiapkan Bahan Logam

Dalam proses pembuatan medali, bahan logam yang digunakan dapat berasal dari berbagai jenis. Bahan tersebut antara lain besi, baja, perunggu, kuningan, aluminium, paduan magnesium dan seng, monel (nikel dan tembaga) atau hasteloy (molibdenum, silikon, dan khrom). Keseluruhan bahan tersebut bisa dilebur bersamaan tergantung jenis bahan yang diinginkan oleh pembeli. Setelah semua persiapan selesai dilakukan, maka proses pengecoran logam untuk medali telah siap untuk dilaksanakan.

Jasa Pembuatan Medali Custom

medali cor
medali cor

Nah itulah pembahasan mengenai teknik pengecoran medali. Lalu jika Anda tertarik membuat medali cor custom bagaimana?

Pembuatmedali.com merupakan jasa pembuatan medali custom sesuai keinginan. Anda dapat memesan berbagai macam jenis dan bahan medali disini. Tangan pertama langsung yang akan mengerjakan pesanan medali Anda.

Medali running, medali wisuda, medali penghargaan, medali kejuaraan, medali kenang-kenangan, medali bersepeda, medali juara 1 2 3, medali emas perak perunggu, medali akrilik, medali zinc alloy, medali timah, medali 3D.

Silahkan hubungi kami melalui kontak yang sudah tersedia. Kunjungi juga Galeri Medali yang sudah kami sediakan sebagai portofolio jika Anda belum memiliki desain dan melihat hasil produksi kami.

Medali Cor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas