medali zinc alloy

Medali Zinc Alloy

medali zinc alloy
medali zinc alloy

Medali Zinc Alloy – Pembuatmedali.com terima pesanan pembuatan medali dari bahan zinc alloy untuk kegiatan olahraga marathon, running, dan lain-lain. Desain, ukuran, dan logo custom sesuai pesanan Anda.

Berpengalaman memproduksi berbagai macam jenis medali sehingga telah mendapat kepercayaan dari perusahaan seluruh kota se-Indonesia. Pembuat medali no. 1 di bandung selain pembuat plakat kami dapat memproduksi medali custom yang Anda inginkan.

Medali atau medal merupakan benda yang sering digunakan sebagai penghargaan diberikan kepada seseorang atas pencapaian tertentu seperti medali wisuda, medali graduation, medali olahraga, dan lain-lain.

Metode Pembuatan Medali Zinc Alloy dan Kuningan dengan Cara Otentik

Metode Pembuatan Medali Zinc Alloy dan Kuningan dengan Cara Otentik – Dalam kehidupan, ada beberapa kejadian yang akan dianggap sejarah bagi sebagian orang. Sejarah tersebut tak hanya bisa dimanifestasikan dalam bentuk bingkai foto atau cacatan, melainkan juga dapat diwujudkan dalam bentuk penghargaan. Menang lomba, wisuda sekolah, kenaikan pangkat, dan lain-lain biasanya menggunakan barang berupa medali sebagai simbolnya.

Penggunaan Bahan Medali dalam Sebuah Momen

Medali merupakan salah satu atribut yang biasanya menyertai perlombaan dan penganugerahan tertentu. Meski tidak semua peristiwa dan event menggunakan medali, tetapi sebuah kegiatan seperti lomba, terlebih untuk tingkat kota, provinsi, nasional, bahkan dunia, keberadaan medali menjadi salah satu bentuk pencapaian bagi para atlet.

1. Medali untuk Penghargaan

Medali penghargaan diberikan kepada orang-orang yang telah berkontribusi besar dalam kehidupan bermasyarakat. Bentuk penghargaan ini dapat dikatakan sebagai imbalan baik berupa materi maupun non materi. Penghargaan uang dan medali biasa diberikan setelah keberhasilannya mencapai tujuan.

Salah satu contoh pemberian medali penghargaan adalah sebagai karyawan terbaik, seperti best employee, best mechanic, best sales, best performance, dan lain-lain. Bahan medali yang umum digunakan adalah jenis kuningan atau aluminium. Penghargaan adalah bentuk apresiasi bahwa kinerja Anda diperhatikan dan diakui. Dengan demikian pemberian medali ini menjadi salah satu bukti sekaligus motivasi tambahan agar lebih bersemangat.

2. Medali untuk Penghormatan

Medali juga menjadi salah satu benda yang tak boleh tertinggal dalam momen penghormatan. Salah satu tanda kehormatan menurut undang-undang diberikan presiden kepada seseorang, institusi pemerintah, maupun organisasi yang memberikan effort kerjanya dengan baik untuk kemaslahatan banyak orang. Dari segi bahan, bukan medali zinc alloy yang digunakan, melainkan berupa kuningan dan campuran tembaga di dalamnya

Proses pelantikan, proses pemberian penghargaan tak luput dari medali sebagai simbol. Terlebih untuk dunia militer. Para ABRI, tentara, POLRI menggunakan tanda jasa medali sebagai salah satu bentuk apresiasi atas kinerja mereka melindungi negeri.

Keberadaan medali orde satu ini diberikan sebagai penghargaan atas tindakan heroik karena berhasil menyelesaikan tugas dengan baik. Pihak militer kerap menggunakannya sebagai apresiasi anggotanya yang bisa berupa melakukan penyelesaian misi, mendapatkan prestasi, berhasil membekuk teroris, dan sebagainya.

3. Medali untuk Event Perlombaan

Penggunaan medali sebagai souvenir juga menghiasi ajang perlombaan. Pada umumnya medali yang diberikan kepada para pejuang kemenangan adalah medali emas, medali perak, dan medali perunggu. Meski tidak murni 100% bahan yang digunakan, tetapi pembuatan medali ini punya harga yang tidak murah. Medali zinc alloy bisa ditemui dalam event olah raga seperti marathon, running, sepeda dan lainnya.

4. Medali Kenang-Kenangan atau Cenderamata

Tak hanya sebagai wujud penghargaan dan penghormatan saja, medali juga bisa digunakan sebagai salah satu kenang-kenangan atau cinderamata. Para pengrajin medali bisa memberikan desain yang sesuai dengan keinginan para pemesan. Durasi pembuatan diatur berdasarkan bahan, jenis, dan metode yang digunakan selama proses berlangsung. Kenang-kenangan berupa medali ini bisa dijadikan oleh-oleh yang unik dan antimaenstream ketika berkunjung ke suatu kota atau daerah tertentu.

5. Medali Wisuda

Ketika menamatkan sebuah jenjang pendidikan, agaknya pemberian medali wisuda sudah umum dilakukan. Jika di era tahun 90-an medali dan toga hanya bisa dikenakan para mahasiswa setelah menempuh jalur kuliah beberapa semester, era tahun 2000-an mengembangkan acara wisuda bagi seluruh tingkatan pendidikan mulai TK, SD, SMP, hingga SMA.

Model dan Desain Medali Zinc Alloy dan Kuningan dalam  Dunia Olah Raga

Model medali zink alloy atau medali die casting kerap ditemui dala event lari marathon dan sejenisnya. Desainnya yang cantik, 3D, dan berbahan dasar langka membuat medali jenis satu ini dibandrol harga yang lumayan mahal dengan minimal pemesanan sebanyak 1000 pcs. Desain siluet orang berlari atau barbel untuk olah raga angkat besi juga membuat detail elegan. Tak heran bila pembuatannya juga memakan durasi yang lama, sekitar 3-4 minggu.

Berbeda dengan jenis olah raga lain yang lebih dominan penggunaan materi kuningan yang disepuh dengan emas, perak, atau perunggu sebagai urutan dasar pemenang perlombaan. Desainnya juga klasik, hanya berbentuk lingkaran yang berhias untaian atau bunga di atas medali tersebut agar mudah dikalungkan.

Semua jenis, model, dan desain medali bisa disesuaikan dengan keinginan. Biasanya untuk event pribadi seperti perusahaan atau lembaga tertentu, medali kuningan atau tembaga yang menjadi bahan dasarnya. Berbeda dengan event nasional atau internasional, pemilihan medali zinc alloy menjadi sebuah hal yang prestisius untuk kegiatan besar.

Metode Produksi Medali Berbahan Zinc Alloy dan Kuningan

Dalam proses meleburkan bahan medali zinc alloy dan kuningan, terdapat beberapa metode pembuatan yang sering digunakan para pengrajin agar hasilnya bagus dan maksimal. Metode tersebut disesuaikan dengan jenis bahan, harga yang dibandrol, dan karakter bahan yang akan dibuat

1 . Metode Pembuatan Medali Sistem Press

Sistem press merupakan salah satu metode peleburan medali baik berbahan anhas maupun medali zinc alloy. Dengan metode ini efek lebih nyata dan 3D yang dihasilkan lebih bagus dan mencolok. Ada harga sepadan, ada waktu pengerjaan yang berbanding lurus, maka medali yang dihasilkan dari sistem press akan lebih terlihat mewah dan otentik.

2 . Metode Pembuatan Medali Sistem Cetakan (Moulding)

Sebenarnya, pembuatan medali dengan sistem cetakan ini tidak banyak digunakan karena cukup menguras waktu dan tenaga. Pertama harus melakukan  pembuatan cetakan terlebih dahulu yang memakan waktu sekitar 7-10 hari pengerjaan. Langkah kedua adalah die casting, atau meleburkan bahan ke dalam cetakan, baik campuran tembaga, kuningan, emas, perak, atau lainnya menjadi satu.

Langkah selanjutnya adalah melakukan polesan. Hal ini dimaksudkan agar medali tersebut memiliki warna yang cantik dan sesuai warna yang dipesan. Biasanya dominasi warna metalik yang dijadikan unggulan untuk bagian pemolesan ini. Bila hasil akhirnya cenderung berbeda dengan metode press, maka hal tersebut sangat wajar terjadi karena memang teknik ini masih manual.

Apapun metode pembuatan medali zinc alloy dan kuningan yang digunakan, hasil akhir akan berpengaruh. Anda bisa berkonsultasi dengan para pengrajin sebelum memutuskan jenis bahan dan metode yang akan digunakan dalam pembuatan medali. https://pembuatmedali.com/ salah satu produsen medali di Bandung yang bisa digunakan untuk berbagi pendapat dan dapatkan rekomendasi terbaik untuk kebutuhan Anda.

Atau Anda dapat menghubungi :

Telepon/Whatsapp : 081910611512

Email : kampungtas7@gmail.com

× Chat Whatsapp