Medali Running

medali running custom

Medali running biasanya dijadikan hadiah untuk acara lomba lari. Acara ini bisa saja ajang daerah, kota, kabupaten, provinsi, nasional bahkan internasional. Skala acaranya bisa saja berbeda-beda sehingga medali untuk hadiah utama memiliki kualitas yang berbeda pula.

Tentunya terdapat beberapa perbedaan mendasar antara medali ini dengan medali lainnya. Hal ini patut diketahui agar Anda dapat memilih medali terbaik sesuai kebutuhan masing-masing.

Beberapa Jenis Medali Running Beserta Perbedaan dan Keunikannya

Medali penghargaan yang ada saat ini memiliki perbedaan dari jenis bahan bakunya. Setiap bahan memiliki keunggulan, kelemahan dan keunikannya masing-masing. Hal ini harus Anda pahami sehingga dapat memesan medali terbaik.

Adapun beberapa jenis medali tersebut antara lain:

1. Zinc Alloy

Bahan ini memakai campuran beberapa jenis metal. Sesuai dengan namanya, maka bahan medali ini memakai seng dan campuran logam lainnya. Campurannya bisa bermacam-macam, namun logam seng memiliki keunggulan mudah dibentuk dan lainnya.

Medali zinc alloy dari bahan ini biasanya lebih murah dan pengerjaannya cepat. Walaupun demikian, hasil akhirnya tetap keren dan berkualitas tinggi layaknya medali dai bahan lainnya. Oleh karena itu, medali jenis ini sering digunakan untuk berbagai acara penting seperti wisuda, acara fun run, kejuaraan dan lainnya.

Namun, bahan ini memiliki kekurangan seperti dapat teroksidasi. Artinya medali bisa berubah warna dari seharusnya. Penyebabnya cukup banyak seperti keringat, terkena zat kimia, kena terik matahari berlebih dan lainnya.

Kunjungi Galeri Zinc Alloy

2. Timah

Bahan medali lain yang patut untuk Anda pertimbangkan adalah timah. Mengapa? Karena timah mudah Anda temukan di Indonesia, harganya tidak mahal, bahannya tidak mudah teroksidasi sehingga tahan karat.

Timah ini cukup unik karena mudah Anda temukan di Indonesia sehingga banyak pihak yang bisa mengolah bahan satu ini menjadi medali berkualitas.

Walaupun demikian, medali timah tetap bisa berkarat jika Anda menyimpannya pada tempat yang lembab. Oleh karena itu, simpanlah medali pada tempat khusus.

Kunjungi Galeri Timah

3. Kuningan

Selain dua bahan di atas, Anda juga bisa memakai kuningan untuk medali running tersebut. Keunikan bahan kuningan adalah daya tahannya yang luar biasa, tahan benturan dan lainnya.

Bahkan, bahan ini lebih baik daripada tembaga. Walaupun demikian, hasil akhir medalinya juga tidak kalah bagus dan menyerupai emas sehingga terlihat lebih mewah dan eksklusif.

Walaupun demikian, bahan ini harganya cukup mahal sehingga Anda harus menyediakan modal lebih untuk memiliki medali dari kuningan ini.

Kunjungi Galeri Kuningan

4. Resin

Merupakan bahan lain yang baik dalam pembuatan medali kejuaraan. Resin sendiri mudah dikerjakan sehingga prosesnya cepat. Selain itu, perawatan dan perbaikan medali resin yang rusah sangat mudah dan pastinya sifat estetika bahan ini sangat baik.

Bahan ini memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri pada hasil akhirnya. Kelebihannya adalah mudah Anda bentuk sesuka hati. Namun, bahan ini jarang dipakai untuk teknik cor. Jadi, jika ingin model medali terbaik maka gunakanlah bahan lain.

Kunjungi Galeri Resin

5. Akrilik

Akrilik juga cocok menjadi bahan utama dari medali. Bahan ini cukup unik karena ringan, tidak gampang pecah serta bobotnya yang sangat ringan. Terlebih harganya cukup murah sehingga Anda tidak akan terkendala overbudget.

Walaupun demikian, bahan ini tidak kuat terhadap goresan, dapat meleleh jika terkena panas yang berlebih serta mudah sekali kotor jika terkena minyak dan lemak. Oleh karena itu, Anda harus menjaga dan merawat medali ini dengan baik.

Kunjungi Galeri Akrilik

Cara Merawat Medali Running

medali running custom
medali running custom

Setiap medali running yang ada di pembuatmedali.com terbuat dari bahan yang tertera di atas. Seperti yang Anda ketahui, setiap medali tersebut dari logam khusus sehinggu butuh perawatan khusus agar tidak mudah teroksidasi. Adapun cara merawat medali yang baik dan benar adalah:

1. Menaruhnya di Rak Khusus

Jika Anda ingin medali kemenangan terutama dari hasil lomba lari dengan baik, maka simpanlah pada lemari khusus. Lebih baik memakai lemari dengan penutup kaca model slide agar Anda dapat melihat kotoran atau debu yang menempel pada medali dengan mudah.

2. Jejerkan Medali dengan Baik

Menaruh medali secara serampangan tidaklah baik karena logam yang bertemu satu sama lain untuk jangka panjang bisa menimbulkan efek buruk sehingga medali Anda akan rusak. Oleh karena itu, susunlah medali tersebut serapi mungkin pada lemari khusus.

Selain mencegah hal buruk, medali yang tersusun rapi juga baik secara estetika sehingga Anda merasa puas ketika melihat jejeran medali tersebut. Hal ini bisa juga menjadi penyemangat bagi anggota keluarga lainnya untuk ikut berprestasi pada bidangnya masing-masing.

3. Bersihkan dengan Rutin

Harga medali running mungkin tidak seberapa, namun nilai historis dan kenangan dari medali tersebut tidak bisa Anda samakan dengan uang.

Karenanya, medali ini harus Anda jaga dengan baik dengan selalu membersihkannya secara rutin. Anda bisa melakukan hal tersebut sekali 4 hari atau sekali dalam 1 minggu.

Proses membersihkannya juga tidak bisa sembarangan, karena nanti medali dapat tergores, berubah warna atau rusak. Oleh karena itu, selalu gunakan kain bersih yang memiliki serat lembut untuk membersihkan medali yang Anda punya.

Kamu dapat memakai air bersih, pasta gigi ataupun asam jawa. Namun, mengelap medali dengan air merupakan cara paling aman karena dapat menjaga kebersihan benda tersebut dengan baik.

Jangan lupa untuk mengeringkan medali yang telah dibersihkan dengan sempurna. Lalu taruhlah medali tersebut ke lemarinya kembali.

Jika Anda tertarik memiliki medali running terbaik, maka gunakanlah jasa kami. Karena kamu dapat memproduksi pesanan medali dan plakat Anda dengan baik sesuai permintaan masing-masing. Selain itu, hasil akhirnya dipastikan memuaskan sehingga Anda akan bangga memakai medali tersebut.

Medali Running
Kembali ke Atas
× chat whatsapp